Oil Cooler for Thunder 250

gz250_engine_temps

Gambar diatas adalah seorang pemilik Gz250 yaitu patrick_777 Oklahoma  yang share tentang suhu mesin di GZ250 namun sayang saya tidak dapat mengukur panas dari kesemuanya itu di motor saya karena mempunyai alatnya untuk mengechek suhu.. namun banyak hal yang di dapat dengan dia termasuk pemasangan Oil Cooler..

Just got back from about 45 minutes of midle speed parking lot practice and about 5 more minutes to get back home at just over 40 mph. I let the bike sit for about 2 minutes while I went into the kitchen to get the infrared thermometer. I ran it over the bike and got a max of 348° right off the cylinder-head to the exhaust pipes. The first bend of the exhaust averaged about 310° and it got progressively cooler farther down the pipe. The outside of the muffler about 3″ from the tip was around 190° but the black exhaust port in the end was 297 max°.

The rear of the cylinder-head was the second hottest at around 330° and the side was just over 320°. For reference, the oil filler cap was at max 150°; the block, right below the idle screw was only 145°; and the oil filter cover was only about 140° (this is where my pant leg usually rubs while braking).


Sebelumnya ada beberapa rekan yang menanyakan tentang Oil Cooler ini, saya pun segera mencari tahu tentang Oil Cooler untuk Thunder 250 meskipun saya belum memasangnya tapi tak ada salahnya untuk mengetahui skema pemasangan dan Type Oil Cooler apa saja yang bisa didipakai.

Ada beberapa rekan kita yang sudah pakai dan saya pun mencari tahu kelemahan dan kelebihan oil Cooler ini.. ada beberapa pasaran Oil Cooler di pasaran dari memakai Satria FU, VW, Citroen, eks moge kesemuanya dapat di gunakan asal kan Nipel dan Selang nya harus kuat karena tekanan dari dalam mesin begitu kuat bila mana Selang dan Nipel tersebut kurang kuat makan akan terjadi kebocoran dan paling parahnya loss power.

Untuk di type mesin GS,GZ,GN,TU telah di sediakan jalur oli untuk memasang Oil Cooler namun sekali lagi pemasangan harus mekanik yang sudah sering.. janggan sampai Jalur Oli di buat Paralel sehingga bukan dingin yang di dapat malahan panas yang timbul.

penulis sendiri menemukan beberapa contoh oil cooler yang yg berukuran besar dan kecil nah jumlah Volume Oli yang ada di dalam Oil Cooler nantinya akan menjadi patokan tambahan untuk mengisi Oli

img_2900

untuk pemasangan biasanya dari Carter/bak olie akan di pompa ke atas masuk ke dalam Oil Cooler sedangkan Oli yang dingin akan di balikan lagi ke dalam mesin..
Skema Oil Cooler

dan berikut Kontruksi pemasangan Oil Cooler di Thunder 250.
img_2751
img_2751
img_2751
img_2751
 
ada beberapa Keungulan dari pemasangan Oil Cooler ini:

  • Suhu Mesin akan selalu stabil
  • Performa Mesin selalu stabil
  • Mesin akan lebih ringan untuk berkerja

Kelemahanya

  • Harus menambah takaran Oli
  • Harus memanaskan Motor dahulu sebelum di pakai
  • Harus sering cek takaran Oli janggan sampai berkurang

dan untuk harga Oil Cooler

  • FU sekitar 350-400rb
  • Eks Moge 750 – 1jt
  • VW & Citroen 500rb
  • Variasi 500 – 750
  • Nipel Selang 200-300rb
  • biaya pasang tergantung bengkel dan tingkat kesulitan
  • seperti contoh gambar di atas untuk Oil Cooler yang besar eks’moge (Denso) 1,5jt plus pasang dan yang kecil 750 plus pasang

Dari kesemuanya itu bila mana pemasangan yang benar dan sesuai akan banyak manfaatnya. .

semoga bermanfaat

About these ads

Tag: , ,

34 Tanggapan to “Oil Cooler for Thunder 250”

  1. sonny Says:

    Nnnaaah…akhirnya ini yang gwe tunggu infonya. Thanks!
    …tapi ga ada reference bengkel mana yang bagus?

  2. gsx250 Says:

    klo di bandung bisa ke p’beny 08122147474
    atau cek di thread bengkel for thunder 250
    klo di jakarta ke Aji

  3. Jakarta-Solo PP Says:

    Kalo di Jakarta dimana ya bengkel yg biasa pasang Oil Cooler.
    Kemarin lihat2 di “POLARIS” Bonjer III Jakarta, ada Oil Cooler+Fan harganya 1,5 juta.

  4. gsx250 Says:

    klo jakarta bisa kesini or BMS
    AJI (Dukun Sepul GSX250)
    bengkel opname T250
    081311329254 (Aji) Peta lokasi klik peta

  5. Infanto Says:

    wah kebetulan gsx 250 yg gue pake dah ada oil coolernya. EMang betul, suhu mesin lebih stabil apalagi di bantu oleh oli yang cocok. Hanya perlu nambahin aja lebih dari standard yg 1400cc.

  6. arie slight Says:

    Pake oil cooler emang mantep..motor jadi berotot, tapi tetep fungsional. Mesin jadi adem, ujung2nya lebih awet n irit bensin. Yang penting masangnya rapih Bro..kalo ngga siap2 deh tekor olinya..
    biar lebih oke lagi, di saluran masuk oil cooler bisa ditambkan saringan bensin mobil yang dari besi, lumayan buat menyaring gram dari mesin.

  7. banzai Says:

    waduh bro kalau bahas oil cooler harus banyak tanya gue pertama kali pasang oil coller model kaya diatas trs pake setahun ngak ada masalah nah pas tahun ke dua terjadi masalah oil naik sampe oli cooler tapi oilnya dingin dan ngak masuk sampe head atas. trs kecopot aja gue cari reverensi mengenai oil cooler tarnyata ada 2 macama cara pemasangan oil cooler. pertama semi oil cooler jalur dari filter masuk oil cooler trs masuk ke head kalau ini namanya oil cooler bong-bongan pompa kerja 2 kali yang satu mompa ke oil cooler trs mompa lagi ke head inih yang salah kamparah. kalau pemasangan yang kedua full kaya Moge sama FU nah ini gue udah praktekan di thunder 250 gue kalau abis jalan jahun sama kena macet oil cooler ngak bisa kepegang sama tgn panas bgt bro jalurnya pompa memompa oil ke oil cooler trs didingin lewat angin atau kipas masuk ke pompa lagi baru disebar ke seleurh mesin jadi fungsinya oil cooler mendinginkan oil mesin. yang bisa masaang full oil cooler cuma di B&S doang kalau anak2 BTC yg baru msg si alfon tuh

  8. gsx250 Says:

    lengkap banget neh broo.. siip thank’s infonya besok ane tanyakan ke orang yang ngerti tentang oil cooler..

  9. girifumi Says:

    halo bro..
    salam kenal.teman gw di Jakarta pakai oil cooler bawaan Toyota Crown,lumayan bongsor juga.terus sekalian nanya,dari mesin ke knalpot kok ada dua pipa ya?
    apa fungsinya?
    kalo TSCC fungsinya apa?terima kasih..
    soal ngukur suhu,pake aja yang infra merah.cukup akurat kok..

  10. anggi Says:

    wah mantap pake oil cooler! Sayang motor gw udah mau di lego, btw numpang jualan ya, dijual thunder250 tahun 03 warna hitam,pelex power dpn110 swallow,blkng battlax140, tanki 05,pajak hidup buka harga 12,5jt ada yg berminat japri gw hp 085885722201, home021-7430283 ,

  11. ndraz88 Says:

    @ Girifumi:TSCC=Twin Swirl Combution Chamber,
    jadi Ruang pembakaranya kembar sebab 2 Valve In dan 2 Valve Out gtu bro mangkanye klep thunder 250 kecil tapi double 2X(26mmX22mm)
    @Om Momod : kalo pemasangan oil cooler kaya gini bener gak gan:

  12. ndraz88 Says:

  13. DHS Says:

    kemaren liat di Pa Ben ada tuh atu gsx 250 yang pake Oil Cooler… kaya’nya masangnya agak beda tuh, gak ngerti ah…. he he…

  14. double Says:

    wah pas bener nih, dari dulu emang g penasaran ma yg atu ini, cuma kaga tau gm masangnya…kalo bengkel B&S tuh dimana ya?boljug nih disamperin…

  15. Nady Says:

    Sorry bos GSX250 numpang jualan juga Thunder 250 thn 2000 Rp. 7.5 Jt Harga Pas. Hub. 99646816

    kirim gambarnya ke gsx250@ymail.com dengan spesifikasinya…

  16. Brunz Says:

    Oh BNS yah yg oil cooler kaya di mtrnya si alvon….tapi nyatanya ane liat kemaren bocor tuh alias ngacay bin ngelay heuheuheuheuheu….gimn mau panas wong mtrnya aja ngga lari….ya iyalah tetep adem

    mas brun ini bisa ajaa..

  17. Tongho Says:

    Wah jd binyun nih, ada cara ini…ada cara itu…
    mohon pencerahannya donk & dkasih alasan dan gambarnya jg donk

  18. anom Says:

    Ia nich aku udah pesan oil cooler FU , tapi udah 2 minggu blum di kerjain sama bengkel puma yang di bali. jadinya capeeeee deh……
    emang pemasangan yang bagus dan pasti tok cer gimana ya….tolong info dan gambarnya

  19. Iwan Says:

    To all
    Kalau masang untuk honda tiger bisa tidak y ?
    Trs kalau di bandung bengkelnya di mana ?
    Thanks a lot
    Please info dan gambarnya

    bisa broo.. prinsip nya sama.. klo gambar coba cari di web site http://www.honda-tiger.or.id

  20. gillz Says:

    halo bro..
    mau tanya kalo oil cooler buat gsx 250 paling bagus pake apa yah?

    harganya kisaran berapa yah?

    kalo bengkel-bengkel daerah ciledug ada gak yah yang bisa pasang?

  21. Agustinik Says:

    ooooo jadi gituuu… oli dari carter masuk pompa… terus ke cooler.. terus ke kepala silinder… dari kepala silinder kemana… masuk ke carter lagi ya…

  22. moses Says:

    sorry bgt nih bro semua terutama mr.gsx250 saya pengen bgt oil coolernya,mohon info kemana,dimana sm siapa mesennya,tolong bgt ya bro,thanks berat

    untuk oil cooler bisa pakai punya satria FU bro.. atau pakai limbah coba hub 08122147474(benny) apakah oil cooler limbah ready stock

  23. moses Says:

    oke.thanks.sy pengen punya memorabilia thunder club mohon bantuan infonya

  24. aziz fajar Says:

    kalau di surabaya belinya dimana ya?

  25. aziz fajar ariwibowo Says:

    kalau di surabaya siapa ya yang ready stock oil cooler limbah?

    bisa cari eks mobil citroen broo.. or pakai satria FU juga bisa..

  26. Buconk Says:

    salam kenal bro…… Mekanik yg paling bagus utk motor2 suzuki cuma 1 dia org lama di Suzuki motor namanya SUKENDAR….. skarang punya bengkel di lenteng agung deket ISTN……

  27. Firman Says:

    Di Bdg beli dimana oil cooler, apa bisa dipasang pompa oli tambahan, u/k cooler aja, mau dipasang di scorpio, thnks

  28. kris Says:

    KEBETULAN ANE MAU JUAL OIL COOLER MITSU L300 BAWAAN PABRIK UKURAN 30X15X3CM FULL ALUMUNIUM MURNI, UDAH ANE APLIKASI DI MOGE 250CC, ANE MAU JUAL LENGKAP DENGAN SELANG & NEPEL BAWAAN PABRIK (BAUT PIPE NYA BAHAN ALUMUNIUM),GAMPANG TINGGAL TEMPEL AJA GAN.. ANE BANDROL 800RB NEGO BOLEH DEH…
    BAGI YG MINAT HUB ANE DI 08562079409 (CRIS)…

  29. Oil Cooler for Thunder 250 Part II « Thunder 250 diary Says:

    [...] atikel sebelumnya tentang pemasangan oil cooler kali ini pemasangan cukup simple dan murah meriah,  tapi untuk jalur masuk dan keluara oli pada [...]

  30. Kumpulan arsip penting GSX 250/Thunder 250 « Thunder 250 diary Says:

    [...] Oil Cooler Part I [...]

  31. ipanase Says:

    pngen pasang ane,,wwahh

  32. dimas Says:

    Mas Bro…masukan dikit mas bro… mempelajari skema yang ada tadi, kalau pendinginan oli di ambil dari lubang oli bawah dan langsung ke chamsaft apa itu tidak berarti membypas oil filter kita mas bro…???
    dari skema mesin sih kayaknya, oli keluar memang dari jalur oli bawah dan masuk ke oil filter lalu setelah di saring baru di kirim ke atas… bukan begitu bukan…??? kalau ane pikir yang safenya bikin oil Cooler berati dari jalur oli bawah, yang memang sudah ada jalur keluarnya, masuk ke oil cooler dengan menutup lubang jalur naik oli ke oli filter yang ada di blok mesin kanan, trus keluar ke oil cooler lalu kembali ke oil filter dengan cara bikin lubang di tutup oil filter…! resiko banget kalau langsung ke chamsaft mas bro, kotoran bisa ikut naik ke chamsaft… please advisenya mas bro… hehehe thanks mas bro…

  33. lance Says:

    Sekarang Pak Sukendar mangkalnya di jalan Djuanda Depok samping POM bensin Djuanda, samping Suzuki Djuanda. Lebih tepatnya di Batara Motor. Motor ane emang bukan Thunder 250 hanya thunder 125 tapi udah di oversize di bengkel pak Kendar.,..
    Emang mantep dan sampai saat ini selalu tokcer dan tak pernah masalah ni motor. Tapi tiap kali ke bengkel Batara ane liat suzuki 250 lama2 ngiler juga pengen punya, ingin naik kelas dari 125 ke 250. Kumpulin duid dulu….

  34. tongho Says:

    ane baru dapet ex hyosung 250, ada yang udah pake belum? minta sharing pengalamannya dong, rencana mau dipasang biar mesin adem ayem

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 89 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: