Minggu kelabu..(spul)

komik sepul
suatu pagi  mau jalan2 ke subang seperti biasa motor di panasin tanpa mengunakan aki..  jalanan bandung kalo wekeend sabtu-minggu macet klakson deh selalu di nyalakan pertama2 seh ok tapi lama2 koq meredup suaranyaa, tapi tidak menyalakan lampu dalam hati tidak apa2 mungkin aki tekor.. ketika pulang dari subang  hari pun sudah mulai gelap dan ketika menyalakan lampu koq Rpm langsung turun dan mesinpun langsung mati mendadak.. waduh kenapah ini..

wah mulai neh TroubleShooting pertama cek aki lalu sikring lalu kabel dari sepul menuju ke kiprok.. ternyata masih normal… kecurigaan pertama yaitu Kiprok biasanya kalau aki lemah brati tidak ada pengisiann..  tapi mesin masih hidup.. jika kiprok sudah lemah mesin tidak mau hidup biasanya… waduh jangan2  sepul ataw CDI kenaa…  karena hari sudah malam akhirnya motor tanpa lampu kembali ke bandung dengan selamat..

besoknya motor langsung di bawa ke bengkel langanan.. emang motor yang saya pakai dr tahun 2002 untuk kelistrikan hanya pernah ganti kiprok selebihnya  belum pernah ganti apapun.. ketika sharing dengan sang mekanik dia berkata:

” Kelistrikan motor thunder ini DC sehinga beban kelistrikan bertumpu pada Aki tentunya dengan suplai pengisian dari Kiprok dan Sepul,  maka tak heran bila ada sepul yg gosong apalagi bila menggunakan Aksesoris Lampu2 tentunya akan membuat kerja sepul dan kiprok semakin ekstra”

tak heran banyak yang mengeluh soal kelistrikan dimotor Thunder 250 ini.. namun bila kita mengerti baik pemakaian dan perawatan untuk sepul akan awet lebih dari >5 tahun.. tergantung aksesoris kelistrikan yang dipakai.

akhirnya beli spul baru dengan kode Part 32101-13L00L00 STATOR(spul) seharga 480.000 dan Packing kiri seharga 15.000, untuk spul part ini masih Import Jepang..

sepul baru

jila penulis amatin kejadian-kejadian kelistrikan

1. Lampu redup dan naik turun

2. bila di nyalakan lampu RPM langsung Drop

3. Ganti aki baru 1-3hari aki menjadi Lemah kembali

4. Mesin tidak mau hidup

bila mengalami kejadian itu dapat dipastikan salah satu dari Komponen kelistrikan yaitu CDI,Kiprok,Spul, Pulser sudah lemah atau rusak..

Kejadian2 penulis yang pernah alami untuk kondisi Kelistikan coba untuk di uraikan sbb: (kondisi busi dan koil berfungsi baik)

Scenario 1.

Mesin dapat hidup tapi tapi ketika lampu dinyalakan RPM langsung Drop coba cek spul.

Scenario 2.

mesin susah hidup dan bila hidupun tidak lama kemudian mesin mati cek Kiprok

Scenario 3.

Mesin mati Total cek spul dan bila tidak ada pancaran dari kabel busi cek kondisi CDI.

Scenario-scenario diatas merupakan gelaja umum kelistrikan tapi perlu di PERHATIKAN kondisi AKI harus bagus (bagusnya gunakan aki yang bagus atau di Sentrum ulang terlebih dahulu) dan Kabel Body pun dalam kondisi baik..

semoga membantu

**ada yg mau menambahkan

About these ads

Tag: ,

26 Tanggapan to “Minggu kelabu..(spul)”

  1. edy Says:

    blom lama saya juga ganti spul
    bedanya lebih murah, karena buat thunder125 :D
    http://www.caplang.net/2009/05/15/ini-gara-garanya/

  2. ichek medan Says:

    kemaren sih sm gejalanya….
    tiba2 lampu ngedrop, sein hidup mesin lsng mati…
    untung deket rumah.
    selidik punya selidik ternyata sarang skring karat…….
    tapi anu.. om momod..
    koq klakson suaranya kyk keabisan batre.. tapi starter masih mau, udah gitu asal di idupin sein lampu yg ada di kilometer terang redup2x..

    akinya mas broo coba di setrum ulang….

  3. nano Says:

    Saya Pernah mengalami gejala kaya pak Ichek [ pa khabar pak Ichek ? ] , ternyata rumah sekring oblak, lansung aja potong kabelnya, sambungin langsung ,gak pake sering, OK deh…. Bahkan sampe lupa kalo gak pake sekring, Pas Turing Ke Klaten sama Mas Anton . Inget inget dah nyampe di jogja . Kalo spul 250 belum pernah ganti .Pernah ganti yang 125 [ sama dong om caplang.. he he he ]….

    Asal gak pake asesories yang macem macem, rajin chek aki, contact cleaner socket socket kabel body, Insya Allah Awet mas….

  4. sonny Says:

    @ ichek medan:
    Sama tuh mas gejalanya sama saya sekarang nih. Udah cek spul, masih bagus gulungannya baru umur setaun. Kiprok baru ganti yang seken tapi bagusan, yg ini dpt 13v, yg lama dah koit. Aki baru. Tapi kalo nyalain lampu, klakson dan sein jadi lemah. Katanya montir sih gejala ini kabel bodi yg perlu diganti, mengingat semua bagian yang lain (spul, kiprok dan aki) masih tergolong baru. Lumayan sih 350 rebu, ntar dulu ah…

  5. dmx Says:

    hehehe… sama bro, bln kmrn gw jg kejadian gene neh…
    pertama mesin kl mlm suka mati tiba2, kirain busi ternyata bukan..
    hmm…apa ya??? trus tiba2 bisa lagi. akhirnya divonis aki modar, cb di cas ternyata modar lg, cek ke bengkel dkt kosan. katanya kiprok dah ngaco, ganti kiprok n bli aki baru, sma aja mlm2 kudu matiin lampu biar survive.
    akhirnya tanya deh soal spul di BERES, hrgnya bnr2 mahallll 780rb!!!
    untung ga jd bli, lnsg deh senin, (ijin)bolos kerja n bawa ke bengkel Om Aji jelambar. abis tu sehat deh, cuman modal 150rb buat spul n 25rb buat beresin kabel kelistrikan.

  6. dmx Says:

    hehehe… sama bro, bln kmrn gw jg kejadian gene neh…
    pertama mesin kl mlm suka mati tiba2, kirain busi ternyata bukan..
    hmm…apa ya??? trus tiba2 bisa lagi. akhirnya divonis aki modar, cb di cas ternyata modar lg, cek ke bengkel dkt kosan. katanya kiprok dah ngaco, ganti kiprok n cas aki lg, sma aja mlm2 kudu matiin lampu biar survive.
    akhirnya tanya deh soal spul di BERES, hrgnya bnr2 mahallll 780rb!!!
    untung ga jd bli, lnsg deh senin, (ijin)bolos kerja n bawa ke bengkel Om Aji jelambar. abis tu sehat deh, cuman modal 150rb buat spul n 25rb buat beresin kabel kelistrikan.

  7. adie Says:

    di gulung lagi bro, kalo nggak di lem kuning aje..

  8. agus JoTC Says:

    yupz…sama persis ama kejadian yg gw alamin..kira2 dah 1 tahun lebih gw ganti spul….gara2 pake bohlam yg watt-nya lbh gede…ehhh kebakar tuh spul…..emang dasar motor dah tua (2001)…trus ganti deh tu spul…mahalnya minta ampun……tp mo gmn lagi…sampe sekarang normal2 aja…motor dah minim asesoris yg makan strum…kabel bodi rajin di cek..soket2 rajin dibersihin pake contact cleaner..insya allah ngacir terus…..sukses bro..

  9. Jakarta-Solo PP Says:

    Kejadian buruk tentang kelistrikan GS250X-ku aka Ki Demang pernah saya alami waktu turing ke Jogja. Ditengah perjalanan Jogja-Solo tiba2 arus drop apalagi kalo lagi rpm naik. Sempet panik kena spul neh, tengah malam lagi…:(
    Ya sudah telp konsultasi ke salah satu pemilik bengkel di daerah depok, ternyata soket rumah sekring kendor. Setelah di cek akhirnya bisa normal lagi.

    Intinya selalu cek kelistrikan khususnya kabel dan soket !!!!

  10. Faiz TNG Says:

    Aku juga pernah ngalamin. Spul juga udah diganti. Sekarang udah beres lagi. Cuman, sekarang kalo pagi (mesin dingin) awalnya ada suara ‘tek’ di bawah jok dan agak brebet gasnya. Kalo gak salah, di bawah jok itu kan ada kelistrikannya. Apa itu nya ya? Trus, cara untuk merawat spul gimana ya? Soalnya thundie gw standar abis, bahkan klakson aja masih bawaan pabrik. Mohon pencerahannya bro… THX

  11. blue_thunder Says:

    bro,ane pgn nanya niy, untuk spul lebih baik ganti baru atau gulung spul lagi dengan kawat tembaga yang lebih besar? coz untuk spul baru harganya lumayan mahal
    thx b4

    bisa saja di gulung asal teganganya sama broo..

  12. blue_thunder Says:

    bro,ane mw k bgklnya anak JTC alamatnya yg d jelambar d mana ya
    thx b4

  13. Momo Says:

    Motor t-250 ku aneh bro. Kalo lampu mati mesin sendat2 tapi kalo nyala langsung tokcer kenapa ya?.. Cdi uda ganti punya shogun lama, aki tekor. Kabel bodi pk t125 bs ga? Thanks

  14. christian eri Says:

    mo tanya bro” harga spul baru ma klo gulungin ulang brapa ya.. tempat gulungin sepul T250. yg dket Jl.jendral sudirman.JAKSEL dimana?? ” thundy gw gulungan spulnaya dah pada gosong neh.. yah maklum ud dari th1999 blom prnah ganti.., masalah’y bru kmaren klo jalan malem lampu,sen,klakson langsung drop d’tengah jalan…

  15. ponco Says:

    motor gw t250 ’00 mesinya brisik ama stater elct ga mw nyala ,cek n ricek kaga ada roda gilanya ,untuk dapetin partnya dimana ya? ada yg tahu ga bro

  16. lutfi Says:

    mo tanya bro mtr ku vega r 2004 mesin masih hidup normal, masalah nya aki g mau isi aku ganti kiprok masih g mau juga ngisi aku dari kabek merah yg kesikring ga ada api nya aku adu ke body ada kemungkinan ga spulnya nya kena trims

  17. lutfi Says:

    mo tanya bro mtr ku vega r 2004 mesin masih normal, masalahnya aku bli aki br 2 hr abis aku ganti kiprok masih ga mau ngisi n bohlam pada mati, aku tes kbael merah yg kesikring aku adu ke body ga ada apinya ada kemungkinan ga spulnya kna. trim

  18. adam Says:

    mas bro…motor ane kan legenda 2002..CDI gnti punya shogun,karena CDI aslinya sudah lemah..ane pakai CDI belum 1 tahun..tapi akhir2 ini motor saya sering mogok di tengah jalan..cek busi bagus,tpi dari sarang cangkong tidak ada listrik sma skli..motor tidak bisa hidup sma skli..lampu sen tetap bsa menyala dalam keadaan stand bay..kira2 kerusakannya di mana y..??

    koil nya sudah di perikasa.

  19. Ichwan Says:

    kalo engkol kaki ke ganjel n starter bunyi suara kasar.(bletok,,,bletok) n ga nyala….itu dari sepul bukan sih masalahnya….
    o iya…n suka ada bau sangit jga…gmn ya…

    semplakan saya GS250 tahun 2001 om om semua…mohon pencerahannya ya…

    terima kasih…

  20. Hasyim Says:

    saya lain lagi… saat ini lagi nunggu datangnya spul… gejalanya mesin mbrebet tapi bila lampu dinyalakan justru mesin sehat…… oleh bengkel suzuki terdiagnosa spul minta ganti…

  21. ROPI Says:

    ikut gabung nih.biar motor didorong mudah nyala gimana ya?apa harus ganti spul?ditunggu pencerahannya.

  22. arrizza Says:

    mo sharing. tunggangan BT (black thunder) gsx 250 taun ’01. ganti spoel dan starter clutch (kasus beda). tapi untuk spoel seperti yg diungkap di atas (ga mo starter, klakson mate, lamp redup).

    kata sang montir, memang untuk kasus electricity (kelistrikan) untuk T250 harus lebih perhatian, khususnya accu. jangan dibiarkan accu terlalu lama kosong, terminal accu rajin2 dibersihin, trus kabel juga harus dicek.

    salam

  23. jaka Says:

    Salam kenal buat pengguna Thunder. Semoga infonya makin keren dan bermanfaat saat Thunder bermasalah.

  24. Distributor Resmi Mesin Kopi Saeco (asli dari Italy) Says:

    Saya juga sempat mengalami hal yang serupa seperti di atas….
    Awalnya, sekitar hari Senin, 12 September 2011, motor tidak bisa distarter….Ketika saya ingin cek busi, ternyata kepala busi pecah…
    Maka saya membawa motor ke bengkel (non-resmi) dekat rumah..

    Setelah diganti kepala busi, pihak bengkel menganjurkan mengganti ring seher juga karena kompresinya sudah tidak bagus…
    Ring seher dan sehernya pun diganti dengan biaya total 1 juta lebih…

    Namun, setelah selesai, ternyata mesin tidak bisa menyala maksimal…
    Persis seperti penjelasan di atas….
    Kalau nyalain lampu, langsung RPM turun, dan klakson menjadi redup…

    AKhirnya, disarankan untuk ganti spul dan kiprok langsung…

    Untuk lebih detail, saya membawa ke bengkel resmi Suzuki di Daan Mogot…

    Mekaninknya pun hanya menyarankan untuk mengganti spul…
    Ternyata spulnya bener hangus…

    Sekarang sudah normal lagi….

    Thanks…

    Regards,
    Teddy
    Distributor Resmi Mesin Kopi Saeco (Italy) untuk Hotel, Restoran, dan Kantor
    marketing@saeco-id.com
    08998873805

  25. adun Says:

    skdar sharing ja ni,kyanya bnyk yg spndritaan :)
    to the point….motor saya megapro 2002,kasusnya klo msin dh panas,trus lampu/klakson di on/dihidupkan,msin langsung mati.stlah dcekcekcek…..spul’y gosong.ada 2 option tuk solusi’y:
    1. beli baru,
    2. gulung ulang
    klo mo gulung ulang untuk kawat’y hrs made in jerman/japan.kata’y sh kualitasnya lbih bagus.

  26. lex Says:

    sy kira kalu cman dililit spulnya akan kuat lama ekh cman tahan 3 hari…..jadi ganti ma yg asli jadi 2 kali sya ngeluarin budget….jadi bro2 kalu ad kerusakan langsung ganti aj ma yg ori , soalnya mtr gs 250 bukan mtr coba2 kalau rusak….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 85 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: