Menyiasati Knalpot Thunder 250

Pernah ada kawan berkomentar tentang Suzuki Thunder 250 (T 250), “knalpotnya kecil”. Sebab itulah salah satunya yang membuatnya urung membeli T 250. Lantas karena melihat knalpot Tiger Revo yang besar, dia kesengsem dan membelinya dengan harga 23 juta. “Dasar orang gak tau motor”, pikir saya, karena dengan uang segitu, dia bisa mendapatkan T 250 full modif bahkan dengan knalpot eks moge sekalipun yang jelas, lebih besar dan mahal daripada knalpot Tiger Revo.tutup-knalpot1.jpg

Memang sebelum ada Tiger Revo, knalpot T 250 termasuk yang terbesar di jajaran motor laki. Tapi termasuk yang ringkih karena tidak memiliki pelindung (tutup knalpot). Saya punya pengalaman, motor saya jatuh ke sebelah kanan dan knalpot menghantam batu tajam, maka penyok dan bolonglah knalpot, meskipun hanya selubang paku kecil.

Mau beli lagi, mahal (Rp700 ribuan) itupun yang model baru (lubang ujung besar). Padahal saya inginnya tetap pakai knalpot bawaan motor saya yg tahun 1999, lubang ujung knalpotnya kecil.

Karena sempet iri juga melihat knalpot motor lain yang ssudah pakai pelindung, saya ingin pasang tutup samping untuk knalpot saya.

Setelah riset, pilihan pun jatuh pada tutup samping knalpot Yamaha Vega R yang baru. Modelnya sederhana dan ukurannya pas untuk panjang dan lebar silencer knalpot T 250. harganya juga murah, hanya Rp30 ribu, memang bukan yang asli, tapi bagus juga kok.

Bawa tutup itu ke tukang knalpot dan minta dipasangkan sekaligus ditambal lubangnya dengan las karbit. Lalu dia akan membuat dudukan baut pengikat di knalpot T 250. Jumlahnya tiga buah menggunakan plat besi.

Saya hanya perlu membayar Rp10 ribu kepada tukang knalpot tersebut…murah kan. Jadi itungan biayanya:

  1. Tutup samping knalpot Yamaha Vega R: Rp30 ribu
  2. Jasa las tukang knalpot: Rp10 ribu

Nah, kini motor bisa tampil lebih gaya, padahal awalnya untuk menutupi penyok dan lubang, hehehe.

copy original on http://ajisaka.dagdigdug.com

Tag:

Tinggalkan Balasan

