6 Disc Clutch

maap dah lama ngepost baru hari ini baru bisa posting padahal artikel dah banyak nehh..

kopling-7
Setelah 7 tahun  belum pernah menganti kopling akhirnya kemaren ini motor mengalami pergantian kopling..

Gejala awalnya ketika kondisi mesin panas akan terasa susah memindahkan tuas perseneling dan tarikan pun terasa berat, gejala ini bila di biarkan akan mengenai rumah kopling yang dan karet kopling akan fatal akibatnya bila di biarkan..

pada umumnya kampas kopling ada 5 buah namun ini di tambah 1 lagi menjadi 6 buah kampas kopling.. cukup penasaran karena ketika meminjam motor yang sudah pakai 6 kopling akselarasi terasa cepat dan hentakan power dari tenaga mesin cukup terasa..
kopling-6

untuk persiapan menganti itu semua cukup di siapkan part-part nya yaitu 6 buah kopling, packing set
kopling-1
kopling-4

berikut kode2 part nya..

1. 21442-37401 = untuk kampas kopling besar  ” masih made in japan pantesan aga mahall..
kopling-2

2. 21441-37400 = kampas kopling kecil
kopling-3

3. 11482B38210N0001= packing set rear
kopling-5

dan janggan lupa beli saringan Oli kalau motor sudah lama tidak mengalami pergantian saringan oli karena penting dalam pelumasan mesin.
kopling-10
dan ketika di buka ternyata ada salah satu plat kopling yang dah aus..

kopling-9
dan saringan oli pun sudah hitam idealnya saringan Oli diganti setiap 10 kali kita menganti oli..

img_3790
akhirnya di bongkar juga.. sedih melihat motor di bongkar.. setelah menunggu sekitar 3jam sembari liat2 motor Thunder 250 yang keren2 akhirnya selesai jugaa… siap untuk di jajall

disini saya akan ungkapkan Plus Minus nyaa…

Plus nya pemakaian 6 plat kopling

  • Tenaga Lebih responsif
  • untuk mendapatkan Top Speed lebih cepat
  • cukup buka 1/2 tuas kopling tenaga sudah keluar

Minus nya

  • Tuas Kopling terasa berat
  • di jalanan macet cepat pegal
  • tenaga susah di atur ketika jalanan macet

next time saya coba test ride ke jalanan menanjak dan lurus bagaimana hasilnya..  semoga membantu

Tag: , , , ,

10 Tanggapan to “6 Disc Clutch”

  1. agus JoTC Says:

    boleh juga nih…yang ditambah kampas yg besar pa yg kecil bos…?

  2. ichek costum Says:

    iya nih yang lengkaplah detailnya…

  3. kiki Says:

    mtr g juga pake kanvas kopling 6 lembar, tp enteng aja kok narik koplingnya. kalo gak sala ma mekanik g ditambahin per/mur gitu deh…tp sih kalo mo lebih enteng lagi pake kopling hidrolik, bengkel B&S dah aplikasiin tuh…

    @ agus JoTC: yg ditambah kanvas gede yg tipis.

  4. sonny Says:

    satu lagi, bengkel yg ngerjain dimana tuh? btw, udah terima email saya utk poto2 GSX 250?

  5. kiki Says:

    coba aja kontak koh akwet jtc di sunter dinomer 02193520294.

  6. Rasheed Says:

    Hallo bro2 semua,mau share nih..
    ada yg nyaranin bwt ngebor celah2 di rumah kopling,min 2 lubang masing2 sekatnya. maksudnya bwt nyempurnain lg pelumasan oli biar kampas kopling ga cepat kering, ga cepat aus. efeknya pergantian kampas kopling lbh lama & awet sih katanya. Banyak di aplikasi anak2 adventure tuh, banyaknya TS & Scorpio sih (T250 jg ada). Tarikan jg lebih manteb ktnya..
    Ada yg pernah coba?? he2 sayang jg klo mesti ngebor2 sgala sih..

  7. gsx250 Says:

    sory baru bales..
    yup ini di tambah kopling yang besar.. tapi untuk pemasangan ada sedikit modifikasi di plat besinya yang paling akhir aga di gerinda agar semua kopling bisa masuk dan pass..
    untuk pemasang kopling 6 ini saya pasang di P’beny bandung klo ada yg berminat silahkan kontak beliau **cek thread di bengkel untuk thunder 250

  8. ajisaka Says:

    keren bos tips n triknya, motor gw belum kenapa2 sih, jadi belum ada tips n trik nih…

  9. dendy widyantara Says:

    kmaren saya coba kok di putaran rpm 5000 mesin getar ya…apa ada yang salah?

    seharuanya gak ada om.. coba cek Mounting engine di rangka…

  10. ary Says:

    bos ganti kopling 6 baiaya nya kira2 abs berapa???????
    kirim ke email gw ok thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: