Repair Seal Shocbreaker Depan


Dimusin hujan yang extrem ini sunguh membuat kinerja motor semakin berat dari jalan berlobang, kotoran Lumpur, yang lebih parah lagi pasir atau kerikil-kerikil kecil menempel di shocbreaker depan maupun belakang. Hal tersebut yang patut diwaspadai di waktu hujan. Seperti penulis sendiri mengalami seal shokbereaker depan yang aus dikarekan butir-butir pasir menempel di shokbreaker lalu mengendap di bagian penampung yang akibatnya seal menjadi aus dan oli shokbreaker pun keluar.

ada 4 komponen dalam satu paket part untuk pergantian seal shock ini harga 1 paketnya Rp. 74.000 x 2, penyebabnya biasanya karet dust seal sering terkena kotoran **debu,pasir,dll sehingga merembes masuk kedalam penampung shock bila tidak segera dibersihkan akan merusak lapisan Washer dan oli pun akan merembes keluar. gambar bawah

dan komponen ini yang rawan rusak bila tidak segera di ganti akan merusak ke selongsor shockbreaker (inner tube) klo dah ke baret parah lumayan harganya.. untuk pengantian Seal Shock ini sebaiknya 2 buah kiri-kanan, dan untuk olinya sendiri banyak mereknya dari kayaba,STP,dll.
berikut lampiran Diagram kontruksi suspensi depan

semoga bermanfaat.

Tag: ,

9 Tanggapan to “Repair Seal Shocbreaker Depan”

  1. Shark Says:

    hmm… informasi yang sangat berguna….🙂

  2. Stevan Says:

    Bro,, numpang tanya,,
    Karisma saya kalo sedang berboncengan & terkena lobang atau sdg melewati rel kereta suka bunyi “cetak..cletok” yg cukup keras..
    Waktu saya bawa ke bengkel resmi, kata mekaniknya kalau bunyinya keras spt itu, yg rusak mungkin komstirnya.. Bagian dalamnya mungkin sudah pada berkarat, & utk penggantian part ini agak mahal, sekitar 100rb lebih..😦
    apa benar yg rusak komstirnya ya?
    Terimakasih😛

    komstir bisa jadi penyebab oleh karena bagian laher cendurung bila jalan rusak berpegaruh.. coba anda standar tengah.. coba cek komstir apakah goyang tidak..

  3. novan Says:

    Bener banget nih…harus perawatan ekstra buat sok depan.. kalo abis ujan ato kena kotor2 dan ga sempet nyuci, minimal di lap basah tuh sok atas nya yang krom, biar pasir n tanah ga nempel..saya baru aja kemarin ganti silnya,.. gara2 ujan trus ga dicuci2..ehh..tau tau dah rembess.hikss.duit meneh duit meneh..hehehe

  4. Taufik Says:

    si guntur pernah bocor juga tuh kang, tapi cuma ganti dust sealnya doang langsung sembuh, good article🙂

  5. Adrian Says:

    Oil sealnya ada yang lokal ada yang import ya bro??? selisih harga lumayan jauh juga.
    Blom lama baru beli sepasang lokal n sepasang import (iseng lihat perbedaanya).
    Lokal klo ga salah @Rp. 26,000 -an, yang import @Rp. 60,500-an.
    Klo dilihat perbedaannya oil seal lokal agak kasar potongan dalamnya daripada yang import.

  6. fanani Says:

    SALAM KENAL BRO TAUFIK

    SYA PDATANG BR NE,, MOHON INFOYA SEAL SHOCKBKERDEPAN BS DIPESAN GA. TQ

  7. firman Says:

    kemaren sempet ganti seal shock depan harga nya 30K, itu yang lokal ya? udah ganti oli seal tapi kok masih keras aja ya? padahal pake oil shock untuk mesin hidrolik kata bengkel nya lebih bagus dari oil shock standar

  8. Soeng Says:

    Klo Thunder250-ku pake protector punya satria, emang ga pas, jadi dipotong dikit trus di pas-in pake double tape…

  9. arif polo Says:

    gak usah bingung bro..saya punya tips lebih baik sok the big thunder kita di balut dengan karet bundar dan panjang milik TS,Dijamin Aman bebas dari air dan pasir.tks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: