Factory Visit: Cargloss Helmet


Kali ini saya berkunjung ke pabrik Helm yang bersertifikat SNI dengan rekan-rekan Bloger lainya. Cargloss Helmet mungkin baru untuk pemain Helm di indonesia, Aslinya Cargloss spesialis di cat dan pembuatan2 Injection molding (Part2 plastik sepeda motor) yang telah lama berdiri.


Cargloss Helmet yang pernah saya liat di toko-toko helm yaitu warnanya menarik dan Inovatif ” Tentu karena mereka spesialis cat” lalu bagaimana soal kualitas, nah ini yang perlu di pertayakan apalagi dengan adanya SNI tentunya bukan asal Embos saja, ayo kita tengok .


Pertama masuk ke halaman pabrik tidak begitu besar namun tertata secara rapi dan apik, lalu disambut oleh sang pemilik pak Hary Suherman yang ternyata seorang biker juga dengan lugas menjelaskan apa2 saja yang perlu di ketahui dalam pembuatan Helm yang berkualitas dan Lolos uji dalam tahapan pengetesan SNI. Dan Cargloss pun mempunyai alat pengetesan Helm **sayang tidak dapat di foto karena rahasia perusahaan.


Ada 7 Bagian penting di sebuah helm yaitu:
Shell Helm
merupakan bagian Luar yang paling penting materialnya pun harus kuat janggan dari biji plastik yang daur ulang saya melihat di Cargloss mengunakan plastik ABS asli cukup terkesan (buat box juga bisa kali yaaa)
Styorofoam
Bagian bagian dalam pertama ini harus kuat meredam benturan bila Styorofoam lembek seperti buat ganjal klo beli kulkas atau tivi dapat dipastikan berbahaya. Styorofoam tersebut harus kuat dan keras ada batasanya kekuatan nya disebut dencity, Di helm cargloss cukup kuat dan di klaim telah memenuhi standar.
Visor.
bagian kaca helm sangat rawan karena bila kaca helm tersebut terbuat dari bahan mudah pecah dapat dipastikan bila terkena benturan akan pecah. seperti saya ketika akan airsoft sebelum memulai Google selalu di uji dan dites kekuatanya sekitar 400fps google tersebut tidak mengalami kerusakan karena memakai material Polycarbonate dan ternyata Cargloss helmet pun telah memakai material tersebut di kaca helmnya sehingga kuat menahan benturan. Saya pun iseng dengan menginjak kaca helm tersebut dengan berat 75kg saya injak2 ternyata kuat dan kembali seperti semula.
Kuncian Helm
ada 2 type yaitu type Buckle dan type Double D, untuk helm-helm import biasanya digunakan double D karena amann.. tapi keinginan konsumen yang ingin praktis dan cepat yaitu mengunakan Buckle yang di klaim aman hingga 130kmph.
untuk lainya hanya Aksesoris di bagian helm..





Dari proses pertama hingga selesai di lakukan di pabrik cargloss sendiri dari mulai pembuatan cetakan,pengecetan, pemasangan busa dll. dan untuk pengujian Standar SNI pun pabrik ini telah mempunyai alat-alat tersebut **sayang tidak bisa di foto.. ada 5 tahapan pengujian **duh kertas catetan ilang, mulai dari dijatuhkan, di gesek-gesekan, di tusuk dengan kekuatan 200kg harus tetap kuat bila tidak kuat maka helm tersebut tidak layak. Dan untuk pengetesan dari setiap produksi harus di lakukan secara random dari 1000 maka 10 helm di ambil dan di uji, titik-titik rawan tersebut seperti gambar berikut

dan bila lolos akan si tempel stiker OQ passed


Ada beberapa Helm yang unik dari buatan carlgoss ini dari Bunglon, Glow in the dark, Temperatur Colour, Dll tak heran bahwa Cargloss ahli dalam pengecetan dan warna-warna. Ada yang menarik dari pembicaraan Pak Hary, dia membuat pabrik helm ini bukan sekedar profit semata dari kejadian anaknya yang mengalami kecelakaan yang mana helm nya terlepas sehingga dia konsen di Kualitas helm Carhgloss yang di produksi dari material asli bukan hasil daur ulang.  Saya sendiri Percaya akan kualitas helm Cargloss ini **bukan promosi lhoo dan asli buatan bogor eh Indonesia, Telah memenuhi standar SNI dan Rekomended *karena sudah liat proses produksinya..

semoga bermanfaat

Gambar lainya

10 Tanggapan to “Factory Visit: Cargloss Helmet”

  1. blognyamitra Says:

    Koq pegawainya gak pake masker yah ??? kan bau cat tuh, lama2 bisa puyeng. Bro, sempet nanya gak koq helm2 Cargloss jarang ditemui di toko2 helm ??? ada kendala di sektor distribusi ???

  2. Andry Says:

    distribusi masih terbatas pada pameran-pameran karena lingkup penjualan helm retail memang masih kalah oleh pesanan helm plus pengecatan dari pihak atpm.

  3. jahe ! Apa kabar, kanzen? Says:

    iya bro sy blm prnah liat cargloss ditoko helm di solo,palagi yg fullface

  4. asmarantaka Says:

    warna helmnya emng variatif dan kerenn:mrgreen:

  5. Dungdung Says:

    safety first bro..

    masalah cat hanya buat style aja..
    kalo cat bagus tapi helmnya gak aman juga percuma broo..

    soal kekuatan ane jamin broo… ane liat langsung pas proses pengetesan produknya.

  6. gundalatong Says:

    g pernah liat di BERES jl. arif rahman hakim samping pom bensin (jl. tembus dr jl raya bogor ke margonda) biasa aja bro cuman emang catnya keren…tapi mahal pisan….

  7. Adrian JoTC Says:

    Di Jogja blom pernah lihat helm cargloss. Apa distribusinya masih di sekitar pabrik???

  8. bambang Says:

    boleh tau ga alamat pabrik nya…..? thanks… bogornya dimana Pak?

    waduh saya juga lupa.. yang pasti di citereup coba buka aja website pak.

  9. wendakalubis Says:

    Mau ngingetin Bro (karena pastinya sudah tahu), jangan terlalu bangga ma SNI;
    Kualitas SNI itu terbilang rendah. standard uji kekuatan lebih rendah dibanding standar internasional. Kenapa? ya biar helmnya murah, kl aturan terlalu ketat, maka helm standard SNI akan lebih dari 1juta, mahaaal!
    Berdasarkan standard Internasional (SNELL, JIS, DOT, ECE 22-05 dll) bahan outer Shell yang memenuhi kriteria keselamatan setidaknya terbuat dari polycarbonate. Sedangkan material polycarbonate kan mahaaaal, helm jenis ini hampir semua di atas satu juta Bro. kl ini diaplikasiin ya gak bakalan laku!
    Makanya di SNI cuma tertulis:
    “Dibuat dari bahan yang kuat dan bukan logam, tidak berubah jika ditempatkan di ruang terbuka pada suhu 0 derajat Celsius sampai 55 derajat Celsius selama paling sedikit 4 jam”
    Meskipun dlm rinciannya ada uji kekuatan ini itu bla2… pokoknya aturan SNI ya kurang bagus! tapi YANG PENTING ADA ATURAN DASAR DULU DARIPADA NGGAK ADA SAMA SEKALI!
    intinya nih untuk keselamatan, Kalau Bro punya duit :
    1. Beli helm yang berstandard internasional kayak Arai, Shoei, Nolan dll…
    2. Kalau tetep mau SNI, belinya helm2 SNI yang rate harganya tinggi berbahan policarbonate biasanya diatas 1 juta (cargloss jual helm jenis ini juga gak sih?)

  10. ipanase Says:

    menyimak suhu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: