Menyusul kendaraan panjang


Overtacking long vehicle dalam bahasa ingris nyaa.. menyusul kendaraan yang lebih 20m seperti kontainer dan bus sanggat perlu perhitungan yang tepat bila tidak akan fatal akibatnya, banyak ulasan tentang ini namun pada akhirnya harus di pratek’kan. Saya mengalami ketika mengambil jalur pulang ketika daerah banjar ke bandung mulai dari Container, Truk gandengan, Bis dll untung saja tidak kereta api yang di susul..😀

gambar di atas ini menunjukan jarak pandang sopir via spion dan blind spot yang terjadi, hal tersebut sama sepertinya di truk gandeng,container, truk2 panjang lainya…

Dalam menyusul kendaraan yang panjang sebaiknya menposisikan menjadi pengendara mobil karena akan tahu high impact posisi dimana saja yang tidak boleh menyusul dan tidak terlihat (Blind Spot)  seperti digambar ini:

Blind spot akan terlihat disisi bagian luar dan bagian belakang hal tersebut menjadi patokan sewaktu kita akan menyusul, ada beberapa tip’s ketika menyusul yang bertanda pada gambar

1. Pastikan Jarak didepan kondisi jalan Lurus atau mencukupi untuk dilalui, hindari tikungan atau jalanan padat.

2. Ketika berada di tengah-tengah kendaraan di lalui sebaiknya membunyikan klakson untuk pertanda bahwa ada kendaraan yang menyusul dan hadle rem jangan di kurangin.

3.  Segera lalui kendaraan dan kembali ke jalur setelah melewati 3m lebih..

terima kasih semoga bermanfaat

Tag:

6 Tanggapan to “Menyusul kendaraan panjang”

  1. kuro22id Says:

    Selain blind spot, kendaraan dari depan juga perlu diperhatikan.

    betul2..

  2. microflash Says:

    yang penting kita tau berapa kecepatan kendaraan yag akan di susul dan tau motor kita bepapa kecepatannya

  3. nunoe Says:

    betul…
    kalo saya nyalip kendaraan panjang, selalu nyalain sein kanan sama klakson…

  4. Maskur® Says:

    nyalakan lampu, kalo bisa dibikin berkedip

  5. Basho Says:

    Jadi kesimpulannya,kalo mau nyalip kendaraan panjang yg sedang melaju di kecepatan 40-50kpj, enakan pake motor yg overstroke atau yg overbore?

    Gak usah bro, di klaksonin aja juga dia kurangin kecepatan koq..

  6. celesboy Says:

    gw uda sering nih jaman dulu waktu msh naik shogun 125…..

    truk kontainer sih gampang banget mendahului nya……masalahnya klo bus umum terutama yg ekonomi kadang pelan trus langsung narik top speed….

    sehingga dari pengalaman gw pribadi :

    1.harus tau seberapa cepat motor kita berakselerasi (tentu bobot boncengan / sendirian sangat berpengaruh klo motor <200cc)

    2.jangan pernah ragu2 klo uda "masuk"

    3.sebisa mungkin pake gigi yg memungkinkan kita untuk berakselerasi dgn cepat tp masih "ngejar" speednya sehingga diusahakan jgn ada "pindah persneling" waktu mendahului

    4.pastikan supir busnya melihat kita sebelum kita mendahului…..jadi saat kita uda sampe di blindspot bus ngga masalah karena sopir uda menduga kita disitu

    5.untuk motor2 bebek yg masih standar mesin nya……gw ngga menyarankan untuk terlalu asik bermanuver mendahului bus di rute luar kota karena memang biasanya performa masih kalah (kecuali bus nya emang lagi jalan <70km/h)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: