Perbedaan Mesin CBU dan CKD Thunder 250

Thunder 250 yang di produksi dari tahun 1999-2002 akhir untuk Engine nya masih import CBU dari jepang dan untuk membedakan nya ada tanda yang cukup langsung di bedakan yaitu Baut di tenggah Block Silinder, untuk yg masih asli dari Jepang tidak ada baut ditenggah dan yang sudah masuk ke Indoensia versi CKD antara tahun 2003-2005 ada baut di tenggah Block Mesin nya..

1. Engine Thunder 250 yang masih CBU Jepang ’99-02

2. Engine Thunder 250 yang sudah CKD ’03-05

Penulis mendapatkan referensi ini dari berbagi sumber dan orang-orang yang mengenal seluk beluk thunder 250.. semoga bermanfaat..

Tag: ,

61 Tanggapan to “Perbedaan Mesin CBU dan CKD Thunder 250”

  1. Galuh Says:

    Trus antara CBU sama CKD, ada perbedaan dalam segi performa ato ketahanan??

  2. gsx250 Says:

    Klo untuk ketahan dan performance sama aja.. tidak ada bedanya cuman.. thunder yang di produksi tahun 99-03 lebih awet dan jarang ada problem yang berarti selama pemakain normal dan terawat..

  3. Galuh Says:

    Ooo… Gitu… Info keren bro…

  4. Acmad07 Says:

    Saya kebetulan punya Thunder 250 tahun produksi 2004. Pertanyaannya, kenapa sih Thunder 250 ini tidak laku di Indonesia?? Padahal kompetitornya Honda Tiger samapi hari ini masih eksis. Kemudian pengadaan suku cadangnya bagaiman uintuik GSX 250 ini??

  5. gsx250 Says:

    Pak. Achmad..
    Penulis sempat bertanya pula hal tersebut kepada rekan sayah yang berkerja di Indomobil.. tahun 99 launching Thunder 250 kurang tepat dikarena krisis ekonomi yang terjadi di saat itu..
    model Cruiser dan sedikit Choper membuat sedkit masyarakat yang menyenanginya.. padahal Thunder 250 banyak sekali peminatnya di luar negeri sana.. dan penjulanya pun hanya 1000 perbulanya..sehingga Pihak Indomobil membuat Versi 125 yang cukup laris..

    Untuk Suku cadang Pihak Indomobil masih Mensupportnya melalui Main delar2 yang ada namun hanya sedikit.. dan Thunder 250 sama mesinya dengan GZ or GN anda dapat membelinya secara On Line.

    Oleh karena itu penulis ingin sekali Thunder 250 tetap eksis dan semoaga situs ini menjadi aja komunikasi dan saling tukar informasi antar
    pemakai Thunder 250 ini.

  6. Indra Says:

    Whew….baru nyadar ane!
    Bro Mod ,Bukannya Mesin thunder 250 Memang buit uP?

  7. pulsa Says:

    ane pernah pake thunder 250 (buatan ’99)
    mantab bro, torsi ngisi bgt. nanjak pelan cukup 2000rpm, 6000rpm dah jalan 100kmh. rpm atas nahan, ciri motor sport touring.
    cuma dah dijual mumpung ada yg mau beli, hehe…

  8. gsx250 Says:

    @ indra
    memang Build-up asalnya namun ada ada beberapa kandungan lokalnya mulai tahun 2003

    @ Pulsa
    ayo pak beli lagii…

  9. Ngay Says:

    Terkait GS250 CBU dan CKD…. Saya punya 2 GS250: tahun 2000 (modif military style) dan 2005. Ditawar orang untuk dilepas 1, bagusnya yang mana yang dijual? Kalo tidak ada beda kualitas kan, bisa lepas yang mana aja. Thanx.

  10. gsx250 Says:

    @ Ngay
    sebenarnya sama aja klo untuk kualitas secara keseluruhan.. namun untuk yg 2002 kebawah lebih baik kualitaspart yang lainya..

    ** boleh donk di kirim picture yang military style

  11. Ngay Says:

    OK, pic sudah terkirim ke gsx250@ymail.com.

    Btw, saya masih penasaran: apa yang Anda maksud “kualitas part yang lainnya”…. Apakah maksudnya selain mesinnya? Thanx, Bro.

  12. gsx250 Says:

    @ Ngay
    ok.. mungkin sabtu ini saya akan menfoto perbedaanya..

  13. andi setiyawan Says:

    saya tanya ke suzuki.co.id, jawabannya Thunder 250 diimport dari Malaysia. Di negeri Jiran itulah motor ini dikembangkan, dan sejak 2005 discontinue.
    Untuk masalah spare part, mereka bilang hubungi saja divisi spare part.

    oh ya, share juga dong minusnya nih motor jangan cuma bagusnya…
    misal harga parts yang mahal dsb.

    Terima Kasih

  14. Ngay Says:

    Masih sibuk, Bro…? Ditunggu foto perbedaannya. Tapi kalau berkenan dan sempat, tentunya. Salam.

  15. gsx250 Says:

    belum sempat aja bro ngay.. secepatnya sayah infokan..

  16. gsx250 Says:

    @ andi.

    thanks infonya yahh.. yup tentu minusnya akan di ulas..

  17. fit Says:

    gw make dr thn 99 ampe skrg,kayanya cuma masalah klistrikan doang..btw thn 09 mau kluar lg, bnr ga?

  18. fit Says:

    gw koleksi thunder,sempet dirmh ada 11 tp dijual krn nyonya ngomel. dr smuanya emang bener yg thn 99-02 hbt bgt dibnding yg lbh muda. tp soal cepat,kayanya hbtan ninja 250. thunder ga bs ngejar tp ninja ga bs jauh ninggalin.
    hidup thunder

  19. RESSWO BUDI SUDARMO Says:

    saya dari banyuwangi, punya thunder 1999 warna merah, saya mau pakai oli coleer supaya mesin nggak panas dan pemasangannya sekalian, dan shocbrecker blk apa yg cocok untuk gsx 250 ?

  20. RESSWO BUDI SUDARMO Says:

    berapa jarak kilometer yang ditempuh untuk 1 liter premium, thunder 250 cc

  21. gsx250 Says:

    untuk Standarnya 1 liter 28…

  22. gsx250 Says:

    liatin aja WordPress ini mingu2 ini.. ulasan tentang oil Colerr dan Shock akan di ulas..

  23. sonny Says:

    kebetulan neeh, gwe lg kepikiran mo masang oil cooler. Ditunggu ulasannya.

  24. aga Says:

    bos mo tanya donk ttg T250 punya saya
    kenapa ya setiap mo narik gas terkadang seperti sedang 1/2 kopling jadi kgk narik langsung
    apa semua T250 kek begitu?
    kata montir suzuki rumah koplingnya sedikit kegeser kalaupun diganti dgn rumah kopling yamaha scorpio ntar 6 bulan bisa rusak lagi jadi sementara dipantet aja tuh rumah koplingnya tapi masih aja tetep kek 1/2 kopling waktu narik gas
    klo kata temen saya itu knalpotnya bocor
    gmn klo menurut bos?
    klo mo bikin custom knalpot T250 brpan yach bos kira-kira harganya?
    ok segitu dulu saya tanyanya bos
    thanks ya b4
    maju terus Thunder 250 Indonesia 😛

  25. gixxer Says:

    THUNDER 250 is tourage NOT FOR SPEED.

    DiCianjur ane dikentutin Nin**250, ketemu diPadalarang ane dikentutin lagi.
    DiSoreang ane liat tuh motor (dalam hati kalo sampe dikentutin lagi, ane jual nih motor) ane test sampe Cimanggu, gantian Bro, Nin**250 ketinggalan 1 tikungan. Gak sadar udah sampe Situ Patenggang… kebablasan.

    Muantab bro… power yg dimuntahin motor kita2 saat tanjakan ga ada abisnya, diajak manufer tikungan Zig-zag balance bgt. Kalo ketemu ama Nin**2, biarkan sajalah

    untuk trek lurus Thunder 250 agak sulit mengejar Ninja 250 tapi ditikungan Thunder 250 lebih nyaman di banding Ninja 250 hal tersebut di karenakan Ground cleaner ke aspal lebih rendahh

    **penulis juga mempunyai Ninja 250 ternyata nyaman thunder 250 di tikungan2..

  26. Iskandar Says:

    bro, gue tertarik banget sama gsx 250, kalau mau beli barunya bisa ga ya dan belinya dimana? kalau spare partnya gimana? kalau mau servis rutin juga harus kemana kebetulin gue di bekasi

  27. vevi Says:

    waduh, bener nih. gw paling sebel urusan sama elektrikal T250. udah 2x jebol sepul. yang pertama pake variasi macam klakson, alarm n lampu. yang kedua semua dibalik ke standar tapi tetep masih ganti juga walau ga separah yang pertama (ganti kiprok pula). baru dapet info pake double kiprok. tapi tetep kadang2 suka kerasa tekor listrik, cek kabel2nya baru nyetrum lagi. Kalo ga mandang handling n power, udah gw jual tuh motor. 😦

  28. heroe Says:

    mo tny nih… gw pny thunder 250 ’01
    kalo mesin di geber knp sering jadi overheat yah… mesin jadi mati, trus ngidupinnya harus nunggu mesin dingin dlu…

    tx

  29. samid Says:

    gw punya T250 tahun 2002, Juli kemarin dipake ke gianyar, bali dari Pasuruan cuma habis Rp 50.000,-

  30. ordaps Says:

    Bro, mau nanya nich, gw punya T250 thn 2005 bln, pake dari baru, bulan desember 2005, gw pake setiap hari, kurang lebih jarak tempuh sehari 50km, sekarang untuk mindahin gigi susah banget, apa lagi kalau dalam keadaan berenti, susah banget di pindahin ke neutralnya.
    Pertanyaan gw bro :
    1. itu masalahnya di kopling atau apanya ya bro?
    2. wajarnya ganti kopling berapa jarak tempuh.
    3. Untuk cari sparepartnya dimana ya Bro? soalnya gw nanya ke bengkel mereka juga pada bingung.
    4. kalau memang koplingnya yg hrs di ganti, kira-2 harganya berapaan ya?
    Please informasinya Bro, thank’s ya… sukses for T250…

  31. fajar Says:

    hallo thunderist smua
    ak punya T250 kluaran 99. ak mo nanya ama pnulis untuk cdi unit yang pas pake apa ya slain yang SGP soalnya harga nya 2JT lbh….makasih

    untuk CDI sebenarnya bisa pakai Suzuki shogun yg dulu.. (bentuknya yg sipit).. klo pun gak bisa nemu pakai CDI racing… klo untuk subtisusi CDI yg plug&play belum ada broo..

  32. adityo Says:

    salam kenal bro.. ane pake yg tgaun 2000.. mo numpang tanya, tau yg jual kampas kopling & per kopling barnett di indonesia ga? pengen upgrade nih.. coz yg ori sering selip.. padahal blom sebulan.. thx b4..

    udah dicek rumah koplingnya broo…

  33. sigit Says:

    saya nyari thunder 250cc yg masih sehat dan gak rewel. saya rumah di jakarta-bogor. telp 08561223135 – 081219991335. terima kasih atas infonya teman2.

  34. hendra harahap Says:

    baru mau beli nih bro, bagusnya ambil yang tahun berapa ya? thanks before

  35. hendra harahap Says:

    club t 250 ngumpulnya dimana ya bro ?

  36. Lila putra Says:

    Ganjal kopling nya,pake ukuran Ring brapa yg Tepat.?
    Pya saya Gsx250’th.05.
    Makasi Banyak.

  37. Ichwan Says:

    absen aja, gw nunggangin geledek 250 tahun 2001, n Alhamdulillah belom ada masalah yg berarti kecuali nge ganti yg aus aus….

    next kalo ada masalah izin curhat ya bro….

    boleh donk bro foto2 nya..

  38. Ichwan Says:

    bro ane newbie di dunia internet, ada sih fotonya tapi mesti gw share dimana…hiks..hiks…

  39. gsx250 Says:

    Coba masukin link nya kesini bro.

  40. A_Witdijarto Says:

    Salam Kenal Bro..
    Saya sudah 8 th pake T250 keluaran Th.2000 selama ini belum pernah ada masalah sama mesin.. pernah ada masalah electrical n kena ganti kiprox 3x dan kabel bodi 1x… tp kalo udah nunggang itu motor emang mantab punya n lupa sama masalah2 tadi…
    Tp skrg di blok mesin ada bunyi kletek2 n makin kenceng kalo di gas..tp secara performa kayaknya ga pengaruh.. Saya sdh ke bgkel resmi Suzuki di Tj.Barat Ps. Minggu dicek tensioner rantai keteng msh cukup baik dan akhirnya cuma disetting klep-nya aja, tp bunyi msh tetep ada…. Bisa kasih masukan teknis atau bengkel rujukan Bro….. trims

    coba tes
    1. Bila di tekan kopling apakah hilang atau tidak? bila hilang kemungkinan karet kopling sudah aus.
    2. Cek juga Seal Klep apakah sudah aus?
    sebaiknya cek up besar mas broo, untuk mengetes apakah sudah banyak yang aus atau tidak. coba konsultasi ke mekanik ini fiki-021 92234086

    klo bunyi tersebut biasanya seal klep sudah aus.

  41. A_Witdijarto Says:

    Trima Kasih Bro..atas masukannya.. saya ikutin sarannya untuk chek Up/ Service Besar… Saya bawa ke Bgkel Suzuki Jl. Dr. Saharjo Tebet… ternyata rantai ketengnya dan klep X dan Y sdh aus…. lumayan juga sih ongkosnya…

  42. Purnomo Says:

    Untuk seputar Thunder 250,coba kunjungi web kami di bsmodified.com utk seputar masalah mesin dan modif

  43. permadi Says:

    klo harus ganti CDI thunder 250 belinya dimana? hargax kira2 berapa?

    harga price list sekitar 2jtann.. pakai subtitusi pakai merek BRT sekitar 550rb gan..

  44. ione hadju Says:

    misi bro,,,,,ane mau bli thunder250 ni,,,,,kira2 klo ngetes mesin buat bedain mesin masih bagus g nya gmn y??
    soalnya nanti pasti sering buat touring,,,,,,perjalanan jauh,,,,,udah g ngangkat soalnya pake thunder yg 125,,,,,,,ketinggalan trus d belakang,,,,

    mohon bimbinganya,,,,,,,
    thank’s…

    to get thunder 250 look first time all bike.. artinya klo motornya mulus 90% original mesin juga terawat biasanya.. tapi klo awam banget coba bawa teman yang paham.

  45. ione hadju Says:

    ok2,,,,,
    bro,,,,,,trimakasih bnyk,,,,
    😀

  46. Kumpulan arsip penting GSX 250/Thunder 250 « Thunder 250 diary Says:

    […] Perbedaan CKD dan CBU […]

  47. pendik Says:

    salam,

    mau tanya kalo sekarang harga pasaran thunder 250cc kisaran berapa ya???
    yang tahun 2000-2004
    ada yang mo ngejual motornya nggak???

    terima kasih

  48. yogi Says:

    bro ane punya thunder 250 cc thn 2004 warna item emang hebat tuh motor ..biarpun ga pernah gw geber tapi soal ketahanan mesin sip …dari thn 2004 gw punya ampe sekarang 2011 baru… 1 x ganti rantai keteng..terus 2 x ganti spull …gir belakang 1 x ..gir depan 1 x …2 x ganti kiprok tapi tiap ganti gw pake orsinil ..ga mau ambil resiko bro…oli dari pertama beli ampe sekarang pake BM1 ..thn 2006 pasang oil cooler ..jadi kapasitas oli gw pake 1.6 liter standarnya kan 1.4 liter ..alhamdulillah lancar bro …klo motor yang laen gw ga ngerti deh ..Thunder 250 memang kuat….

  49. sulistianto Says:

    sy punya 2 thunder250. semua warna merah, thn 99 n 2000. sy biarin bentuk standar tanpa ubah apa2. sampe skrg baik2 aja nggk ada masalah, emang sih sehari-hari cm nongkrong sambil aku lap.

  50. Daniel Says:

    Sempat kepikiran ama ane mau ngejual nih motor, ane pake nih CKD T250 dari desember 2005 (first hand), KM baru 49000, kondisi motor ane, kopling baru ganti 2minggu yg lalu sekalian skir klep, gear depan baru ganti 1x (orisinil), gear belakang sama rantai pake merk TK baru ane ganti setahun yang lalu, Kanvas depan per 6 bulan pasti ganti, kanvas belakang belum pernah ganti sama sekali, accu baru ganti 1x setahunan yang lalu, ane cuman modifikasi pelk lebar sama stang motor doang 2thn yg lalu, yang lain orisinil.

    Ane mau bagi ilmu nih, jarang2 deh pakai rem belakang, kalau gak penting2 banget. terbukti motor ane baru ganti kanvas kopling doank, utk komponen penting lainnya seperti rantai keteng, kiprok, spul dan kelistrikan yang umum hrs diganti di setiap motor umur diatas 2thn, estimasi dari montir masih bisa 1-2thn kedepan.

    Makanya ane gak jadi jual nih motor deh, tapi kalau ada yg mau bayariN Rp 25.000.000,- ane lepas dah, hehehe….. becanda bro…. (NOT FOR SALE)

  51. Kamaluddin Says:

    Saya beli Gsx250 saya bawa pulang dr surabaya ke mojokerto aki tekor 2x lalu saya cek ke tukang dinamo, bermalam karena spullnya diganti lilitanya seperti semula dan tiba2 bermasalah pada pengapian jadi kecil dan tidak bisa hidup lg, padahal waktu datang kita sempat adu kecepatan dengan tiger 2005 dijalan aspal tambal sulam tiger ketinggalan jauh. tp sekarang masih belum hidup padahal gara2 ganti lilitan spull td, saya tanyakan tukang dinamo tdk berani merubah arah dan speknya lilitan. saya coba kebengkel resmi suzuki diganti pulser punya satria F percikan api dr busi besar tp tidk bs nyala mesinnya saya disuruh ganti cdi sya tdk mau karena harganya 2 jt an saya benahi sendiri dirumah saya balik kabel dari pulsernya krn saya tes dgn avometer arah probe – & + waktu saya kontiunitaskan arahnya berlawanan saat digesekan dgn body dan percikan api dr busi besar dan putih tp tetap tdk bisa hidup sampai akinya tekor kick stater minta ampun tetap tdk bisa nyala mesinnya. Mohon bagaimana solusinya?????

  52. All Abaout Rondo Tunder 250. Mau Berburu? « Bonsai Biker Says:

    […] sumber klik sini! […]

  53. Madurallvonso Ciiceperistromantis Says:

    salam kenal bro w wisnu dari bekasi w pnya thunder 250cc thn 2004 warna item w da make tu mtr dri thn 2004 pe skrang emang w akuin tu motor kuat bgt tu mtr da 4x bolak balik bks banyuwangi blom da masalah w jga nyobain mtr temen w yg thn 1999 nya sama ajah kuat dan lari nya , bro w mau tanya nie kpan suzuki mau keluarin thunder yg 250cc lg tu motor bagus banget klo bisa lebih di bagusin lg disain nya dan di permudah cari seperpat nya ok se gitu ja saran dari w trima kasih…….

  54. pengen gsx Says:

    mas mas master gsx250 semua,saya bingung mas saya masih kuliah mas,terus saya pengen bgt punya gsx250cc nah pertanyaan saya,,itu partnya gimana?kata orang2 maaf nih mas semuanya sebelummnya,,,katanya part suzuki paling mahal mas?apalagi gsx250 udah jarang dan partnya mahal bgt?bener ga mas?tolong pencerahannya,,,aku minta bantuan mas bro semuanya,,,,,

  55. nico Says:

    perbedaan paling jelas antara CKD dan CBU ada di kelistrikan alias spul. kalo CBU lilitan kawat spul ada pelindungnya sedangkan yang buatan lokal tidak ada pelindungnya alias bugil. ini berkaitan dengan kualitas. motor saya tahun 2000 di banding punya teman tahun 2005 ganti kiprok & spul nya lebih lama punya saya, saya baru ganti kelistrikan (spul+kirpok+kabel body) di tahun ke-8 sedangkan motor tahun 2005 spul + kiprok di ganti lebih dulu.

  56. nico Says:

    rekor irit bawa thunder pernah sampai 1:35. ini dilihat dari isi full tank sampe rest di km 420 : 12liter = persis di 35km/liter. rahasianya bawa motor jangan sampe diatas 60km/jam selain irit bensin sparepart juga lebih tahan lama. jgn lupa minimal pake pertamax/shell yah

  57. kanda Says:

    saya punya T250 tahun 2002, sudah ga hidup selama 1 tahun, masalahnya pernah patah ring piston waktu saya aja turing natal-medan PP. dengan jarak tempuh 1200 Km. mohon info gan bengkel service t250 daerah sumut. sy pernah tanya ke dealer besar suzuki d medan sparepart nya, piston,ring piston, silklep, stensioner harus inden 2 minggu, sedangkan saya tinggal jauh dr medan. mohon sarannya gan… tuh motor dr lajang…sayang banget gan.. apa bisa via online..

  58. eduard the warrior Says:

    kalau mau bengkel yg oke banget terkait thunder 250 dan thunder 125, Coba bengkel Batara mekaniknya pak Sukendar…topp banget settingannya. Dia jago banget soal thunder 250. Terletak di Depok di Jalan Djuanda, samping dealer resmi Suzuki Djuanda.

  59. kokok Says:

    Di jual sj T250 nya yang suka rusak2 … bengkel pun sudah angkat tangan juga , klo ada pasti ongkos bengkelnya sangat mahal. bengkel bisa sesuka hati pasang tarif soalnya dia tahu tidak semua bengkel bisa garap T250.ini pengalaman saya

  60. kokok Says:

    part nya pun di pasang harga tinggi , yang pura2 inden lah , susah nyarinya ..yah kita jadi bulan bulanan jadinya. walau sy tahu T250 memang sangat tangguh.

  61. Hermez Says:

    Kalo ada yang mau jual babyT250 Info ke sini ya!
    Thanks

Tinggalkan komentar